DISPLAY PRODUK PERTANIAN

DISPLAY PRODUK PERTANIAN

1. Pendahuluan

Praktikum Dasar Budidaya Tanaman yang berbobot 1 SKS diharapkan akan mampu memberikan tambahan pengetahuan dan keterampilan dalam membentuk profil lulusan, khususnya di bidang pertanian. Pada materi praktikum ini akan digali potensi dan kreatifitas mahasiswa yang kemungkinan dapat dikembangkan dalam penelitian lebih lanjut atau pengabdian kepada masyarakat.

Display atau Pameran Produk Pertanian merupakan rangkaian kegiatan dalam praktikum Dasar Budidaya tanaman yang memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memamerkan ide-ide, kreatifitas atau keterampilannya yang terkait dengan proses produksi pertanian (mulai tanam hingga panen dan pasca panen). Dengan demikian, praktikan diarahkan untuk memiliki keberanian dan kemampuan untuk memulai berpartisipasi menangani masalah atau menemukan ide baru dalam proses produksi pertanian.


2. Tujuan

Praktikum ini bertujuan untuk memacu dan mengembangkan ide serta daya kreatifitas mahasiswa terhadap proses produksi pertanian (mulai tanam hingga panen dan pasca panen). Selanjutnya mahasiswa dapat mengembangkan idenya dalam forum yang lebih luas.


3. Pelaksanaan

a. Bentuk kelompok, selanjutnya tentukan tema. Dalam kegiatan ini, praktikan dipersilakan diskusi dengan asisten masing-masing.

b. Setiap kelompok hanya diberikan kesempatan untuk memamerkan satu ide/tema, tetapi boleh lebih dari satu komoditi, namun tetap dalam satu tema.

c. Susun ide menjadi satu alur pemikiran yang jelas.

d. Siapkan materi yang akan dipamerkan. Waktu pajang hanya 3 (tiga) hari. Setelah itu produk boleh dijual atau dibagi.

e. Selama waktu pajang berlangsung, tim juri akan melakukan penilaian.

f. Setiap kelompok yang berpartisipasi dalam kegiatan ini akan mendapat nilai, bagi kelompok yang tidak berpartisipasi tidak mendapat nilai (kosong).

g. Tiga (3) kelompok yang mendapat skor nilai tertinggi akan mendapatkan reward.

Setiap kelompok akan mendapatkan subsidi dana praktikum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar