Langkah Menanam Padi Yang Baikdan Benar

Langkah Menanam Padi Yang Baikdan Benar

 Anda ingin budidaya tanaman padi ? coba pelajari cara menanam padi yang akan kita bahas kali ini.Banyak tahap-tahap yang perlu anda pelajari tentang membudidayakan tanaman padi. Caramenanam padi ini terbagi ke dalam beberapa tahapam, yang dimulai dari memilih benih sampaikepemeliharaan yang berlanjut ke tahap pemanenan. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh para petani sebelum memulain penanaman padi,hal yang paling penting adalah pemilihan jenis pada dan pembenihan.Nah, Berikut ini adalah tahap-tahap menanam padi dengan baik dan benar:

oPemilihan Benih atau Bibit
Pemilihan benih atau bibit adalah hal yang utama dalam membudidayakan tanaman padi. Pilihlahbenih yang sesuai dengan areal lahan yang akan ditanami tanaman padi, dan jangan lupa jugauntuk memperhatikan air dan sumber air yang terdapat pada lahan yang akan ditanami.

oPersiapan Lahan
Dalam hal menanam padi, ada beberapa kriteria lahan yang harus dipilih, diantaranya yaitu lahanyang subur dan yang banyak mengandung hums, dekat dengan sumber air, tanahnya terbuka dantidak tertutup oleh bangunan atau pohon-pohon yang besar.

oPembenihan dan Penaburan Benih
Pisahkan benih padi yang bernas dengan yang kosong dengan cara merendam benih padi tersebutselama satu malam, sedangkan dalam penaburan benih padi, pilihlah tanah yang gembur yangsudah dicampuri oleh pupuk kandang.Lakukan penaburan benih ini secara merata lalu tutup denga tanah berpasir, setelah itu tutupkembali tanah berpasir tersebut dengan dedauanan seperti daun padi yang sudah mongering ataumenggunakan daun pisang. Penyiraman benih cukup dilakukan pada pagi hari dan sore saja.

oPenggarapan Lahan
Dalam hal penggarapan lahan, seharusnya mencapurkan jerami busuk dengan pupuk kandang dandibiarkan teraduk dengan menggunakan tratror. Hal ini dilakukan bermaksudkan untuk membuattanahnya semakin subur dan tidak mudah cepat kering.

oPenanaman
 Langkah Menanam Padi Yang Baikdan Benar

Jika usia benih sudah mencukupi, sekarang anda bisa segera menanami lahan tersebut denganbenih padi yang sebelumnya telah disemai. Lakukan penanaman padi dengan jarak tanam antarpadi diusahakan jangan terlalu dekat atau terlalu rapat agar pertumbuhan padi bisa maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar