Alasan Sayuran Organik Lebih Mahal dibanding Sayuran Konvensional

Harga Sayuran Organik

Jika membicarakan tentang perbedaan antara sayuran organik dan juga sayuran konvensional pastilah tidak akan lari dari yang namanya masalah tentang harga. Sudah hal umum yang patut dibicarakan tentang harga sayuran organik yang relatif lebih mahal daripada sayuran konvensional. Hal tersebut pastilah ada lasannya kenapa bisa lebih mahal dibandingkan dengan sayuran pada umumnya yang ada di pasar taradisional. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa harga sayuran orgnaik bisa lebih mahal dibandingkan dengan sayuran konvensional yang ada di pasaran:

1. Membutuhkan waktu yang lama sekitar kurang lebih 3 tahun untuk peralihan dari lahan pertanian non-organik ke organik. Pada awal peralihan ini biasanya tingkat produksi rendah. Oleh karena itu, untuk kompensasi bagi petani, harga produk sedikit meningkat.

2. Biaya untuk menyediakan kemasan khusus agar lebih higienis dan untuk meminalisasi kontaminasi.

3. Untuk membiayai upah bagi pekerja pembuat pupuk dan pestisida alami.

4. Jumlah pekerja yang lebih banyak dan juga jam kerja lebih panjang untuk mengawasi lahan dari serangan hama.

5. Risiko kegagalan panen lebih tinggi. Hasil panen rata-rata hanya 70% (produk yang tidak layak konsumsi, dibuang atau dijadikan pupuk). Agar tetap menguntungkan, harga tetap dihitung panen penuh.

6. Biaya sertifikasi (kurang lebih sekitar Rp 7.000.000, 00 untuk masa 3 tahun).

7. Biaya transportasi yang dilengkapi sistem khusus untuk meminimalisasi kontaminasi. Produk organik tak selalu tersedia seperti non organik. Karena, petani perlu waktu untuk melakukan rotasi tanaman, agar potensi tanah tetap terjaga.

Jadi bisa disimpulkan bahwa harga yang relatif mahal adalah suatu bentuk untuk membiayai biaya pengeluaran yang dilakukan sebelum panen yang bisa dikatakan tidak sedikit. Dengan begitu berarti memang sesuai dengan slogan “Ada harga, ada barang”. Sudah pasti dengan harga yang lebih mahal itu, kita juga mendapatkan barang ( sayuran ) yang kualitasnya memang jauh lebih baik daripada dengan sayuran yang ada di pasar tradisional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar